Assalamu’alaikum, Salam Sejahtera.....
Proses pemutakhiran data NUPTK tahun 2013 secara online melalui
layanan Padamu Negeri http://padamu.kemdikbud.go.id sudah resmi dimulai, sejak
tanggal 3 Juni dan berakhir 30 September 2013, berdasarkan surat edaran
BPSDMPK-PMP (Baca surat edarannya
DISINI). Untuk itu, kali ini saya coba berbagi tentang cara
aktivasi akun login sekolah. Aktivasi akun sekolah dilakukan oleh admin atau
operator yang ditunjuk oleh sekolah. Akun sekolah nantinya digunakan oleh
operator sekolah untuk proses pengisian dan update data PTK berbasis NUPTK,
untuk mengecek dan mencari data PTK berdasarkan formulir PTK, dan mencetak
lembar tanda bukti verval.
Surat Aktifasi Akun Login PADAMU NEGERI setiap sekolah dapat diambil
ke Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Perlu dipahami dan
dimaklumi bahwa proses distribusi Surat Aktivasi Akun Login ke setiap Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke seluruh sekolah masih berlangsung selama bulan
Juni 2013 sesuai kondisi wilayah masing-masing.
Petunjuk
penggunaan aplikasi sudah tersedia di halaman SIAP Online. Berikut ini petunjuk
aktivasi akun sekolah yang telah dirilis. Sebelum melakukan aktivasi akun
sekolah, terlebih dahulu kita persiapkan data yang diperlukan antara lain..
Surat aktivasi akun sekolah (user ID dan Kode Aktivasi)
Kata Sandi/Password
Data Administrator = Nama, TTL,Jenis Kelamin,alamat dan Email Admin
Data Sekolah = NPSN, Status sekolah, Nama Kepala Sekolah, Alamat Sekolah :
Desa, Kecamatan, nomor telepon, alamat email sekolah dan Website sekolah (jika
ada)
Peta sekolah via Google Map
Kalau sudah menyiapkan data pendukung
tersebut, berikut ini langkah langkah melakukan aktivasi akun untuk login
sekolah oleh operator sekolah melalui layanan Padamu Negeri.
Pertama,
buka http://padamu.kemdikbud.go.id, lalu pilih dan klik menu Login, atau
langsung buka http://padamu.siap.web.id/ maka akan menuju halaman login Padamu
Negeri, disana terdapat beberapa jenis login, pilihlah Aktivasi Akun Sekolah,
seperti gambar dibawah...
Maka akan masuk di
halaman http://aktivasi.siap.web.id/padamu
Di halaman tersebut terdapat kotak
untuk mengisikan User ID dan Kode Aktivasi, masukkan Kode User_ID dan
Kode_Aktivasi yang terdapat dalam surat aktivasi akun yang diterima dari Dinas
Pendidikan.
Setelah itu
klik Login, jika berhasil maka akan masuk pada halaman pengaturan akun pada
halaman ini menetukan Username dan membuat Kata Sandi/Password, masukkan juga
alamat email untuk pemulihan akun. Username dan Password ini yang akan digunakan
untuk login di hari-hari berikutnya. Lalu klik tombol lanjut..
Akan menuju menu
Administrator, pada menu ini isilah dengan lengkap data administrator atau
operator sekolah berupa nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir,
alamat dan nomor telepon. Kalau sudah diisi kemudian klik tombol Lanjut...
Akan masuk di halaman
profil sekolah, isilah data sekolah dengan lengkap seperti NPSN, status, nama
kepala sekolah, alamat sekolah, nomor kontak, email dan website. Lalu klik
tombol lanjut...
Masuk di menu
Lokasi, tentukan lokasi sekolah dengan mencari pada peta seperti kita mencari
tempat di google map. Lalu klik tombol lanjut...
Jika sudah
melengkapi data-data tadi, maka akan masuk di halaman konfirmasi, sebelum kita
simpan data, cek kembali data yang sudah kita isi sebelumnya, kalau sudah yakin
benar maka klik tombol Simpan.
Demikianlah cara
mengaktifkan akun login sekolah. Jika belum mendapat
surat aktivasi mohon sabar menunggu ya..dan jika sudah berhasil melakukan
aktivasi akun sekolah, maka proses VerVal NUPTK 2013 sudah dapat
dilaksanakan. Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan, salam
persahabatan.